Sabtu, 17 Desember 2016

Belajar SEO




 Meningkatkan SEO Pada Website


Hasil gambar untuk SEO



 Apa yang dimaksud dengan SEO? Bagi seorang yang sudah memiliki  website, SEO adalah suatu istilah yang mesti  dan haruslah dipahami. Secara gampang SEO adalah Search Engine Optimization adalah suatu proses yang bisa meningkatkan volume dan juga kualitas kunjungan dari suatu website melalui suatu mesin pencari yang ada  seperti google.com dengan carayg alami  dan tidak bayar atau gratis. Secarateori halaman  website bisa menduduki posisi yang berada di atas atau bisa juga terdepan yang berada pada daftarmesin pencari yang berdasarkan dari kata kunci tertentu. Untuk meningkatkan SEOpada website perlu dilakukan dengan cara follow up.

 Follow up merupakan salah satu cara untuk meningkatkan seo pada website. Hal ini dilakukan karena SEO merupakan aliran darah bisnis pada toko online. Jika jantung berhenti berdenyut maka, toko maya Anda juga bisa saja berhentu. Jangan melakukan sesuatu hal yang sifatnya spam. Spamming ini bisa mengakibatkan penurunan bukan malah meningkatkan SEO pada website  sehingga turunnya kredibilitas kita sehingga tidak aka nada yang mau membeli pada usaha online Anda. SEO juga bisa dilakukan untuk promosi yang harganya murah lewat internet. Bisa juga dilakukan dengan fans page yang berada pada situs di Facebook, dan juga submit yang dilakukan ke direktori bisnis online serta juga social bookmark. Dan selain itu juga dengan cara mengirimkan email kepada teman Anda dan orang-orang yang Anda kenal. Jangan pernah juga melakukan spam pada email.

 Hal yang sulit yang bisa dilakukan untuk meningkatkan SEO pada website agar bisa dikenali oleh search engine namun setidaknya terdapat beberapa hal yang bisa dipertimbangkan agar halaman website Anda menjadi optimal, yakni seperti dibawah ini :
  1. Memilih keyword yang tepat.
  2. Faktor-faktor yang bisa optimal.
  3. Daftarkanlah kembalo situs website Anda kepada semua pencari
  4. Link Exchange
  5. Pengawasan dan mengoptimalisasikan ulang
  6. Perhatikanlah isi dari situs website Anda
Meningkatkan SEO pada  website Anda bisa dilakukan juga dengan cara dibawah ini :
  1. Memilih konten yang sifatnya berkualitas
  2. Menemukan link yang relevan
  3. Memasukkan situs tersebutke direktori
  4. Menambahkan site map
  5. Sabar dan mencoba jalan yang lain.

Teknik SEO


 SEO adalah usaha-usaha untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik sebuah website dari pencarian search engine melalui berbagai teknik. Dengan kata lain SEO adalah strategi-strategi yang bisa dilakukan para pengembang web untuk membuat situs mereka mudah ditemukan dalam pencarian-pencarian search engine sehingga menghasilkan hit atau ranking yang tinggi.  Secara alamiah makin awal urutan sebuah situs yang dihasilkan pada pencarian search engine atau mesin tinggi ranking situs dalam hasil pencarian, akan semakin banyak pengguna internet yang berkunjung ke situs kita. Teknik SEO dibagi menjadi dua yaitu teknik on page dan teknik off page. Teknik SEO onpage selalu dilakukan dengan cara mengatur dari dalam website atau blog, seperti memaksimalkan keyword dan deskripsi agar lebih mudah diraba oleh mesin pencari Sedangkan teknik offpage adalah pemanfaatan ruang diluar blog. Cara ini dirasa sangat efektif mendongkrak popularitas dari sebuah blog.
Teknik SEO onpage :
Beberapa prinsip dasar optimasi dengan onpage adalah:
  1. Menata meta HTML, seperti membuat korelasi yang dapat antara keyword, deskripsi, dan konten.
  2. Memerhatikan judul artikel tiap kali kita memposting artikel. Judul artikel sangat berpengaruh terhadap proses pencarian pada mesin pencari.
  3. Memerhatikan tiap kata dalam artijel. Pada isi artikel, kita bisa melakukan onpage SEO dengan memperbanyak kata-kata yang mendekati atau sama dengan keyword yang kita miliki.
  4. Mengusahakan kalimat pertama alinea pertama mampu mencakup keyword dan deskripsi blog.
  5. Memberikan kode unik pada beberapa tag HTML.
  6. Memberikan keyword pada tag link.
  7. Memasukkan keyword pada gambar. Tiap kali mengupload gambar di dalam artikel, sebaiknya kita menaruh keyword diantara dua tanda petik (“ ”) setelah teks alt. Hal ini disebabkan sebuah gambar tidak mampu dikenali oleh mesin pencari, untuk itu kita masukkan keyword pada alt untuk mendukung teknik SEO onpage yang kita lakukan.
Untuk mendukung kegiatan teknik SEO onpage, kita dapat memanfaatkan fasilitas google analystic untuk mengetahui tingkat kepadatan trafik dari website atau blog kita. Dengan menggunakan google analystic kita dapat membuat repory tentang trafik website atau blog dalam jangka waktu hariang, mingguan, atau bulanan. Untuk mendapatkan fasilitas dari Google ini, sebelumnya kita harus mendaftar terlebih dulu.
  1. Buka alamat google analystic di https://ww.google.com/analystic/. Bila Anda kesulitan dalam bahasa yang digunaakn. Anda bisa memilih pengaturan bahasa dengan bahasa Indonesia di pojok kanan atas tampila web ini.
  2. Klik Daftar Sekarang bila Anda belum memiliki akun di Google Analystic.
  3. Masukkan alamat email dan password untuk membuka akun baru di google analystic. Kemudian  klik Sign In.
  4. Klik Sign Up untuk melanjutkan registrasi.
  5. Masukkan alamat URL web Anda, kemudian atur Zona Waktu Negara atau Daerah dengan Indonesia kemudian Continue.
  6. Isi data diri Anda, dan klik Continue.
  7. Beri tanda centang dibawah form persetujuan tersebut sebagai syarat Anda mematuhi aturan dari Google analystic.
  8. Kemudian klik buat akun baru, agar Anda bisa masuk ke google analystics.
  9. Setelah masuk ke halaman baru pada halaman ini Anda diminta untuk meletakkan script HTML yang ada pada website atauu blog anda. Jangan klik finish yang ada dibawah form script HTML tersebut, tetapi masuklah kea kun blogger terlebih dahulu. Copy terlebih dahulu script tersebut.
  10. Masukkan kea kun Blogger Anda dan pilih halaman edit HTML Anda.
  11. Kemudian cari kode </head> Anda bisa menggunakan fasilitas Ctrl+F untuk memudahkan pencarian. Kemudian copy kode HTML yang ada pada halaman Gogle analystics tadi dan paste kode tersebut diatas kode </head> yang ada pada halaman Edit HTML pada akun Blogger Anda.

SEO Untuk Toko Online

 SEO untuk toko online adalah Seacrh Engine Optimization, teknik yang bisa membuat website Anda berada di halaman depan hasil pencarian search engine. Harus diperhatikan, jika tidak Anda akan rugi besar tanpa hasil apapun. Yakni jangan pernah beli domain, sewa web hosting dan memasang iklan berbayar untuk berlatih membuat website dan SEO untuk toko online. Selalu gunakan yang gratis, kalaupun bayar haruslah yang sangat murah. Untuk promosi jangan gunakan Googe adwords, Facebook ads, iklan PPC (pay per klik) dimana Anda diharuskan membayar setiao kali ada orang yang klik iklan Anda karena sangat mahal. Walaupun harganya hanya Rp. 200,- per 1000 klik tetap saja bisa bikin Anda bangkrut.
Selain mahal, setelah maa tayang iklan Anda habis, pengunjung ke website Anda juga bisa habis. Resiko Anda tanggung sendiri. Kecuali Anda memiliki pendapatan minimal 50 juta perbulan. Langkah yang cerdik adalah menggunakan teknik SEO untuk toko online karena murah bahkan gratis, dan pengunjung yang kita dapat, datang dari search engine secara terus menerus tanpa batas waktu dan dalam waktu yang lama.

 Salah satu yang sangat mempengaruhi berkembangnya dunia marketing adalah pemanfaatan teknolohi online sebagai trendsetter. Bagaimana trend ini mempengaruhi dunia marketing> Marketing online popular sejalan dengan makin populernya penggunaan internet. Sebelum adanya marketing online, kegiatan marketing membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akibatnya banyak perusahaan kecil atau yang baru bertumbuh tidak mampu melakukan aktvitas marketing secara optimal. Menjamurnya jejaring social sepert Facebook ini membuka peluang usaha dengan lebih baik dan berbiaya relative lebih murah. Misalkan kita menggunakan program iklan yang baru dibayar ketika ada orang yang mengklik iklannya. Biaya pemasangan iklan pun disesuaikan dengan alokasi yang ada. Sebelum adanya marketing online  cara beriklan yang sangat fleksibel ini belum pernah ada. Ini adalah inovasi dalam marketing online. Masih ada lagi inovasi lain yaitu SEO untuk toko online. SEO lebih ditujukan untuk mengoptimalkan halaman-halaman website agar menempati posisi tertinggi dalamnhasil pencarian data oleh mesin pencari data. Sudah bukan rahasia lagi jika pengelola website berusaha keras agar websitenya selalu menduduki ranking pertama dan paling tidak TOP-10 dalam hasil pencarian data oleh Google atau Yahoo. Tujuan utama SEO adalah untuk memudahkan orang lain dalam mendapatkan berbagai informasi yang paling akurat sesuai dengan criteria yang dibutuhkan.

Belajar SEO



Anda sering membaca istilah SEO? Bagi seorang pemiliki web, SEO adalah istilah penting yang mesti dipahami. Secara gampang, SEO alias Search Engine Optimization adalah proses meningkatkan volume dan kualitas kunjungan ke suatu website melalui esin pencari seperto goggle.com dengan cara natual dan tidak berbayar. Secara teori halaman web bakal mendapat volume kunjungan yang tinggi bila bsia menduduki posisi teratas atau terdepan didaftar mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pemiliki toko online sehingga mereka gagal dalam kaitan dengan pengelolaan SEO web. Riset adalah kata kuncinya. Jika Anda gagal meriset kata kunci, akan susah memperoleh pengunjung. Tentunya harus rajin mencari backlink agar voting menuju website kita dari website lain menjadi banyak dan mempengaruhi posisi website kita di mesin pencari (search engine).

 Hal lain yang menjadi faktir kegagalan adalah  follooow up kepada calon pelanggan. Follow up adalah jantung bisnis toko maya (toko online), sedangkan visitor yang salah satunya dibangun dengan SEO web adalah aliran darah bisnis toko online. Kalau jantung berhenti berdenyut, toko maya kita juga bisa berhenti. Jangan lakukan spam! Spamming juga bisa mengakibatkan turunnya kredibilitas kita sehingga tidak ada yang mau membeli toko maya kita.

 Tips dan trik yang murah meriah diinternet dalam mempromosikan toko online adalah dengan mengandlkan SEO web, membuat fans page di situs facebook dan submit ke direktori bsinis serta social bookmark. Selain itu, juga dengan mengirimkan email ke teman-teman dekat yang dikenal. Jangan pernah melakukan spam melalui e-mail. Membangun image ke calon konsumen hingga mereka merasa nyaman ddan aman bertransaksi dengan kita adalah menggunakan nama asli. Tampilkan foto diri sendiri diwebsite. Anda cantumkan alat lengkap diwebsite dengan semua kontak untuk menghubungi Anda. Agar mudah dihubungi dan menjawab dengan cepat semua pertanyaan pelangan atau calon pelanggan Anda.

 Optimasi mesin pencari atau SEO web adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang betujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs wen tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO web adalah menempatkan sebah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebihbesar untuk mendapatkan pengunjung. Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media binis, kebutuhan SEO juga semakin meningkat. Jiksa situs sebuah perusahaan berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimasi mesin mencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha diinternet.

Apa yang dimaksud dengan Rangking Website?


 Rangking Website adalah posisi penampilan website Anda di hasil search engine. Sebuah hasil pencarian yang ditampilkan oleh search engine disebut sebagai SERP (Search Engine Result Page). Nah, tujuan dari Anda melakukan atau Belajar SEO adalah untuk menempatkan website Anda pada posisi hasil SERP pada keyword yang Anda inginkan. Istilah keyword ini adalah sama dengan kata pencarian. Setiap Anda memasukkan kata pencarian di kotak google, maka kata-kata tersebut disebut dengan keyword. Baik kata pencarian yang dimasukkan hanya satu kata atau maupun berupa rangkaian kalimat.

 Google dalam melakukan proses rangking website di hasil SERP nya tentunya tidak dilakukan dengan manual, tetapi menggunakan sofware dengan algoritma (rumus) tertentu, yang merupakan rahasia google untuk menentukan website mana yang lebih relevan dan akan ditampilkan pada posisi lebih dulu dihasil pencarian.

 Dan kita sebagai pemilik website, yang ingin agar websitenya ditampilkan di hasil search, tentunya harus memperhatikan faktor-faktor apa saja pada umumnya yang memberikan pengaruh signifikan terhadap sebuah rangking. Karena bukan hanya dengan Anda membuat website, lalu mengisinya dengan konten yang bagus dan yang banyak, akan membuat website Anda tampil dihalaman utama google begitu orang mencari kata pencarian Anda. Tanpa Anda memperhatikan atau mengaplikasikan SEO, website Anda tidak akan muncul dimanapun atau muncul dihasil pencarian halaman kesekian…. yang tentunya tidak ada orang yang melihat dan mengklik website Anda.

 Jarang sekali orang membuka halaman pencarian lebih dari 3 halaman, maka dari itu, target utama Anda tentunya harus muncul dihalaman pertama, dan minimal dihalaman kedua.

 Google seperti search engine lainnya menggunakan software dengan algoritma (rumus) tertentu, yang akan otomatis untuk membaca, menganalisa, membandingkan dan mengurutkan halaman website Anda. Dan hasilnya ditampilkan ke pengguna search engine. Karena yang menganalisa website Anda adalah software, yang bukan manusia, maka hal-hal visual dari website Anda seperti layout, warna, flash, animasi, dan grafik tidak dilihat oleh google. Melainkan text-text diwebsite Andalah yang dilihatnya.
Nah, bila Anda mau memulai belajar SEO, Anda bisa mulai dari materi di website ini, yang akan membekali Anda untuk melakukan SEO terhadap website Anda.

Belajar SEO – Search Engine Optimization


  Apa itu SEO? Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan singkatan SEO merupakan kegiatan yang dilakukan oleh webmaster / pemilik website untuk meningkatkan posisi websitenya pada hasil pencarian di search engine / mesin pencari, hal ini dilakukan dalam rangka untuk menjaring atau mendapatkan pengunjung dari mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan dari search engine lainnya.

Mengapa mereka melakukan SEO – Search Engine Optimization?

  Tidak lain dan tidak bukan karena bila webmaster / pemilik website berhasil mendapatkan posisi atas dihalaman pertama dari hasil pencarian yang sesuai dengan kata pencarian / keyword yang dibidiknya, maka ia akan mendapatkan pengunjung langsung dari search engine / mesin pencari yang merupakan targeted visitor, potensial buyer atau potensial reader untuk websitenya.

 Disebut potensial buyer atau reader, dikarenakan pengunjung tersebut sedang mencari informasi pada search engine / mesin pencari dan kemudian ditampilkan oleh mesin pencari tersebut daftar website yang dianggap paling sesuai menurut algoritma search engine tersebut, dan pengunjung tersebut akan membuka website-website tersebut yang salah satunya adalah website Anda. Dan bila memang informasi yang ditampilkan di website Anda sesuai, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sales atau klik iklan dari pengunjung tersebut. Hal ini tergantung dari apa yang ditampilkan di website Anda.

 Apakah Anda menawarkan produk yang berhubungan dengan informasi yang dicari pengunjung tersebut…
Apakah Anda menawarkan jasa seputar informasi yang dicari pengunjung tersebut…
Atau Anda menampilkan informasi atau artikel disertai banner atau text iklan PPC – pay per click yang menampilkan iklan seputar informasi yang dicari oleh pengunjung tersebut…

 Dengan keadaan seperti ini maka sales akan bisa terjadi untuk produk dan jasa yang Anda tawarkan dan juga iklan ppc yang ditampilkan akan lebih banyak diklik oleh pengunjung website Anda, karena pengunjung tersebut memang sedang mencari informasi dan memerlukan solusi, yang mana solusi tersebut bisa ditawarkan oleh produk dan jasa Anda atau melalui pihak ketiga lain yang ditampilkan iklannya di website Anda.

 Maka dari itu, bila Anda menjalankan bisnis di internet, bisnis apapun itu, sangat disarankan Anda untuk belajar seo dan menerapkan prinsip-prinsip SEO – Search Engine Optimization, agar website Anda ditampilkan posisinya dengan baik oleh search engine di keyword atau kata pencarian yang tepat yang sesuai dengan bisnis Anda. Dengan cara ini maka website Anda bisa mencari calon pembeli sendiri dan menghasilkan uang, tanpa Anda perlu berpromosi yang lain seperti menyewa tempat pemasangan banner iklan di website lain, mengiklankan website Anda melalui iklan ppc dan juga promosi lainnya.

 Bila website Anda sudah terindex di posisi dan keyword yang tepat maka Anda tinggal menunggu sales. Sales ini akan ditentukan oleh hot atau tidaknya market Anda, apakah produk Anda merupakan produk kebutuhan atau hanya produk pelengkap, apakah produk Anda memberikan solusi yang dicari pengunjung tersebut dan juga tergantung harga yang ditawarkan oleh Anda masuk budget pengunjung Anda atau tidak.
Kesimpulannya, SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu hal yang penting saat ini, yang akan menunjang kesuksesan website Anda di Internet. SEO merupakan salah satu metode pemasaran yang penting.

Apakah belajar SEO itu mudah atau sulit?

 Belajar SEO tidak sulit tapi juga tidak terlalu mudah, yang perlu dilakukan adalah menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam optimasi website dari sisi internal dan eksternal. Dan bila konsisten dilakukan, posisi website pun akan Anda capai dan website Anda akan bisa mencari pembeli sendiri dan menghasilkan uang.

Belajar Mengenal SEO


Pengertian dan Mempelajari SEO ( Search Engine Optimization )

 SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dan otomatis agar web/blog yang anda buat berada pada posisi teratas pada situs mesin pencari (Google, Yahoo, MSN, dll) yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas traffic dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.

 Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

 Kunci sukses sebuah web/blog salah satunya adalah traffic atau banyaknya pengunjung yang memngunjungi web/blog. Blog akan dikatakan sukses jika mampu mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Traffic yang tinggi adalah tanda bahwa blog tersebut digemari oleh pengunjung setianya. Kebanyakan pengunjung akan memilih website yang berada pada posisi atas. Salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung dengan search engine dengan memasukkan kata kunci atau keyword tertentu dalam mesin pencari tersebut.

Ada beberapa cara umum yang dapat dilakukan untuk mendapatkan posisi paling bagus di Search Engine, antara lain :

1. Konten/isi
Sebgian besar orang dalam mengisi suatu website apapun informasi yang didapt lebih banyak dengan Copy Paste. Sebagai contoh anda ingin mengisi website mengenai informasi kesehatan, dapat dipastikan ada 100 atau bahkan lebih website dengan judul yang sama dari bentuk penulisan, bahasa penulisan dengan copy paste. Sistem Search Engine hanya akan memilih salah satu website dengan bentuk, bahasa, dan gaya penulisan yang lebih menarik dan unik. Jadi buatlah website dengan bahasa anda sendiri semenarik mungkin agar mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi.

2. Pemilihan keyword yang mau di optimasi
pastikan kita memilih keyword yang memiliki persaingan sedang dan kecil, jangan coba-coba bersaing dengan keyword besar ( misal keyword cellphone ) kecuali kalo kamu punya dana besar. Berikut tempat untuk membuat riset keyword :
Free Wordtracker, Keyword Suggestion Tool,  SEOBook Keyword Tool

3. Gunakan Title dan Meta yang pas
Pastikan titlle di page website kamu sesuai dengan target keyword yang anda tuju, atau setidaknya setiap page memiliki titlle yang unik / sama dengan judul page sertakan juga Meta keyword , Description dipasang

4. Link building
Selain konten / isi yang menarik , Link Building yang baik dan benar juga merupakan faktor penting agar website berada diposisi atas dan menarik pengunjung lebih banyak lagi. Berikut ada trik agarwebsite yang anda buat atau yang anda miliki ada di website orang lain :
– Submit ke direktori
– Link exchange
– Buat artikel , submit artikel ( dalam artikel ada link website kita) : ezinearticles.com , etc.
– Submit comment – comment , signature forum dll.
– Buat themes, template , sertakan link url anda di footer .

 Jadi SEO ( search Engine Optimization ) harus dimiliki oleh para pemilk web / blog agar para pengunjung atau para pengguna internet dapat dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan, buatlah sebagus dan semenarik mungkin agar web / blog yang anda buat terindex atau dikenali oleh seluruh pengguna internet di seluruh dunia.

9 komentar: